Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

Jerawat merupakan hasil dari produksi minyak berlebih atau penumpukan sel kulit mati dan bakteri. Jerawat sering terjadi pada masa pubertas, ketika tubuh membuat lebih banyak hormon yang menyebabkan produksi minyak berlebih. Penyakit jerawat biasanya juga dipacu oleh beberapa sebab, diantaranya seperti akibat begadang, akibat makan telur, akibat skincare, akibat merkuri dan hal-hal lainnya, yang tentunya ini juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti faktor keturunan dan kondisi kesehatan Anda.

Terkadang, bakteri jenis Propionibacterium acnes dapat masuk ke kulit dan mengakibatkan kulit menjadi kemerahan, nyeri, dan iritasi. Jerawat paling sering muncul di wajah seperti di jidat, pipi, hidung dan dagu, tetapi bisa juga muncul di punggung, leher dan kepala. Jenisnya beragam, termasuk komedo, whiteheads, blackheads, dan papula. Beberapa jenis mungkin akan berkembang dan berisi nanah, sehingga sangat mirip dengan bisul.

Penyakit jerawat, walaupun hampir setiap orang pernah mengidapnya, namun penyakit ini tergolong penyakit yang memalukan dan tidak sopan. bagaimana tidak, tanpa diundang si jerawat tiba-tiba sudah nongkrong pada wajah kesayangan Anda, apalagi mendekati hari penting Anda.

Kondisi darurat yang mungkin tengah menimpa Anda saat ini, Kami telah menyiapkan cara cepat juga populer yang paling banyak digunakan dan terbukti aman dan ampuh dalam mengatasi masalah jerawat yang akan terasa dan terlihat hasilnya dalam 1 hari semalam, diantaranya adalah:


1. Cara mengobati Jerawat dengan Pil KB

Pil KB semestinya adalah sebuah obat yang diperuntukan untuk menunda kehamilan. Namun beberapa merek pil KB di klaim bisa digunakan untuk mengobati masalah jerawat yang memiliki kandungan tertentu didalamnya.

Berikut ini adalah beberapa merek Pil KB yang memiliki komposisi kandungan didalamnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat:


Mengobati Jerawat dengan Pil KB Yasmin

pil kb yasmin

Pil KB Yasmin menggunakan hormon progestin dan estrogen berupa drospirenone 3 mg dan ethinyl estradiol 0.03 mg.

Pil KB Yasmin tidak hanya untuk mencegah kehamilan, melainkan juga merupakan merek pil KB yang bisa melancarkan haid.

Pil KB dengan kandungan drospirenone dan ethinyl estradiol tersebut juga dapat mengatasi jerawat pada wanita yang berusia 14 tahun ke atas.

Bahkan, keunggulan lainnya adalah mengurangi darah berlebihan dan nyeri saat haid hingga menurunkan risiko kista pada ovarium.


Mengobati Jerawat dengan Pil KB Yaz

pil kb yaz

Pil KB Yaz dan Yasmin memang terdengar serupa. Tak dapat dipungkiri, keduanya pun sama-sama mengandung drospirenone 3 mg dan ethinyl estradiol 0.03 mg.

Namun selain menjadi kontrasepsi, pil Yaz juga mampu bekerja menangani premenstrual dysphoric disorder (PMDD) atau sindrom pramenstrual yang parah dan tak tertahankan serta jerawat parah.


Mengobati Jerawat dengan Pil KB Diane

pil kb diane

Pil KB Diane adalah obat kontrasepsi yang menggabungkan hormon progestin dan estrogen, yaitu cyproterone dan ethinyl estradiol.

Selain mencegah kehamilan, manfaat pil KB Diane juga berguna untuk mengurangi jerawat, radang kulit berupa sisik (seborrhea), dan rambut tumbuh berlebih pada wajah (hirsutisme).

Namun, pil KB Diane hanya digunakan untuk mengatasi jerawat bila pengobatan jerawat lainnya tidak bekerja.


Mengobati Jerawat dengan Pil KB Neynna

pil kb neynna

Selain mencegah kehamilan, rupanya pil KB kombinasi yang satu ini bisa menghambat kadar androgen berlebih pada wanita.

Sebab, pil KB Neynna menggunakan estrogen berupa ethinyl estradiol dan progestin yang sekaligus bekerja sebagai antiandrogen, yaitu cyproterone acetate.

Efek hormon androgen berlebih adalah wajah berjerawat dan pertumbuhan rambut berlebih. Jadi, obat kontrasepsi ini mampu mengurangi jerawat setelah penggunaan sebanyak 3-4 kali siklus.


Mengobati Jerawat dengan Pil KB Elsza

pil kb elzsa

Pil KB ini mengandung kombinasi cyproterone acetate (hormon progesteron) dan ethinylestradiol (hormon estrogen).

Selain mencegah kehamilan, klaim manfaat pil KB Elsza lainnya disebut dapat menjaga kestabilan hormon dalam tubuh, membuat siklus haid teratur, mengurangi nyeri menstruasi, hingga sebagai pengobatan jerawat.

sumber www.sehatq.com

Adapun cara menggunakannya yaitu yaitu:
  • Hancurkan 1 butir pil KB sampai seperti tepung.
  • Tambahkan sedikit air atau lebih bagus ditambah sedikit madu, lalu aduk hingga berbentuk krim.
  • Tempelkan pada jerawat Anda selama setengah jam sampai terasa mengeras dan mengering.
  • Setelah benar-benar mengering, bersihkan dengan cara diusap secara lembut dengan kapas atau kain bersih.

2. Cara menghilangkan Jerawat Dengan Lemon

Jerawat Jeruk Lemon

Metode mengejutkan lain untuk menghilangkan jerawat secara alami adalah dengan menggunakan jus lemon, yang pasti sangat kaya akan vitamin C. Pastikan untuk menggunakan jus lemon segar, bukan jus kemasan. Caranya hampir sama dengan cara pertama yaitu:

  • Peras satu buah lemon segar kedalam wadah.
  • Campur dengan dengan bubuk kayu manis atau lebih bagus juga ditambahkan madu.
  • Aduk semuanya, lalu celupkan kapas atau kain lembut yang bersih dalam campuran tersebut.
  • Oleskan pada semua daerah yang terkena jerawat dan Anda akan melihat hasilnya dalam waktu kurang dari 24 jam.

3. Cara menghilangkan Jerawat Dengan Odol atau Pasta Gigi

Odol Pasta Gigi

Obat alami lain untuk jerawat yang setiap orang pasti memilikinya adalah pasta gigi, namun tidak usah ragu akan kemanjuran metode ke 3 ini karena sudah banyak yang menggunakan dan sudah terbukti keampuhanya. Gunakan pasta gigi putih bukan pasta gigi gel. Adapun caranya:

  • Campur dua sendok makan pasta gigi dengan satu sendok teh bubuk kayu manis.
  • Oleskan pada daerah yang terkena jerawat dengan kapas atau kain bersih.
  • Biarkan campuran tersebut meresap pada kulit Anda selama 10 s/d 20 menit, lalu bersihkan wajah Anda dengan air.

Untuk mengurangi kemerahan dan bengkak pada area jerawat di wajah Anda yang merupakan hal paling menggangu dari penyakit ini, Anda bisa menggunakan es batu dengan cara menempelkan pada jerawat selama beberapa detik dan mengulanginya 3 s/d 5 kali. Es batu selain bisa mengurangi kemerahan dan bengkak pada jerawat juga bisa menghapus minyak dan kotoran yang terjebak didalamnya. Fakta lainya dari es batu terhadap jerawat adalah membantu menenangkan kulit dengan hawa dinginnya. Mungkin itulah mengapa biasanya jerawat tidak banyak menyerang kepada orang-orang yang tinggal didaerah bersalju.


Demikian cara cepat untuk mengatasi jerawat dari bahan-bahan yang mudah didapat disekitar Anda yang populer karena banyak digunakan oleh orang-orang diseluruh dunia sebagai obat alternatif yang mudah dan murah, namun sudah terbukti aman dan ampuh.

Kunjungi juga artikel Cara Mengobati Jerawat alami dan cepat dari helpshared.com, Semoga bermanfaat.

Lebih baru Lebih lama