Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat

Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami, dengan serum, skincare, masker dan obat jerawat. Untuk mengobati jerawat batu, jerawat hitam, jerawat di pipi, di dagu dan bagian wajah lainya.

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT

cara menghilangkan bekas jerawat

Jerawat adalah peradangan kulit di mana kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) menjadi terinfeksi dengan bakteri, membengkak, dan menghasilkan nanah didalamnya.

Kelebihan sekresi sebum oleh kelenjar minyak adalah penyebab utama di balik masalah ini. Jerawat umumnya terjadi pada wajah, leher, punggung dan bahu. Meskipun bukan kondisi kritis, jerawat bisa membuat seseorang merasa sengsara karena mengganggu penampilan mereka.

Ada banyak lotion dan obat-obatan di pasaran untuk mengobati jerawat, namun mungkin penyembuhannya akan memakan waktu dan biaya. Banyak metode alami yang efektif dalam mengobati jerawat dalam jangka waktu yang sangat singkat.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat atau jerawat batu secara cepat?. Berikut adalah 12 cara untuk mengobati jerawat secara cepat, ampuh dan alami.


1. Menghilangkan Jerawat Dengan Es Batu

mengobati Jerawat Dengan es batu

Es dapat digunakan untuk secara darurat mengurangi kemerahan, pembengkakan dan peradangan jerawat. Ini membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah ke bagian kulit yang terinfeksi, mengencangkan pori-pori kulit, menghilangkan kotoran dan minyak menumpuk di kulit. Anda dapat menggunakan es batu atau es yang dihancurkan, pilih yang menurut Anda paling nyaman. Adapun caranya:

  • Bungkus es di dalam kain, tempelkan dan tahan pada daerah kulit yang terkena jerawat.
  • Tunggu beberapa menit dan ulangi proses 3 sampai 5 kali selama 2 kali sehari.

2. Menghilangkan Jerawat dengan Odol atau Pasta Gigi

Odol Pasta Gigi

Obat alami lain untuk jerawat yang setiap orang pasti memilikinya adalah pasta gigi, namun tidak usah ragu akan kemanjuran metode ke 3 ini karena sudah banyak yang menggunakan dan sudah terbukti keampuhanya. Gunakan pasta gigi putih bukan pasta gigi gel. Adapun caranya:

  • Campur dua sendok makan pasta gigi dengan satu sendok teh bubuk kayu manis.
  • Oleskan pada daerah yang terkena jerawat dengan kapas atau kain bersih.
  • Biarkan campuran tersebut meresap pada kulit Anda selama 10 s/d 20 menit, lalu bersihkan wajah Anda dengan air.

Untuk mengurangi kemerahan dan bengkak pada area jerawat di wajah Anda yang merupakan hal paling menggangu dari penyakit ini, Anda bisa menggunakan es batu dengan cara menempelkan pada jerawat selama beberapa detik dan mengulanginya 3 s/d 5 kali. Es batu selain bisa mengurangi kemerahan dan bengkak pada jerawat juga bisa menghapus minyak dan kotoran yang terjebak didalamnya. Fakta lainya dari es batu terhadap jerawat adalah membantu menenangkan kulit dengan hawa dinginnya. Mungkin itulah mengapa biasanya jerawat tidak banyak menyerang kepada orang-orang yang tinggal didaerah bersalju.


3. Menghilangkan Jerawat Dengan Uap Air Panas

mengobati Jerawat Dengan uap air panas

Tidak banyak orang tahu dengan metode menghilangkan jerawat untuk yang satu ini. Namun tahukah Anda, uap Air Panas tersebut akan membuka pori-pori Anda dan memungkinkan kulit Anda untuk bernapas. Metode ini membantu mengeluarkan minyak, kotoran dan bakteri di pori-pori yang terperangkap di wajah Anda yang dapat menyebabkan infeksi atau peradangan. Cara penggunaannya:

  • Siapkan ember kecil seukuran muka dengan air panas, dekatkan muka Anda dengan ember tersebut dan biarkan wajah Anda seperti dikukus selama beberapa menit.
  • Bilas wajah Anda dengan air hangat dan, setelah pengeringan, gunakan pelembab bebas minyak.

4. Menghilangkan Jerawat dengan Buah Lemon

mengobati Jerawat Dengan jeruk lemon

Cara lain yang cepat untuk menyingkirkan jerawat adalah penggunaan jus lemon, yang kaya akan vitamin C. Jus Lemon membantu jerawat mengering lebih cepat. Pastikan untuk menggunakan jus lemon segar dan bukan jus botolan, yang memiliki pengawet. Ada beberapa cara untuk menerapkan obat ini, yaitu:

  • Celupkan kapas bersih di jus lemon segar dan mengoleskanya pada jerawat sebelum tidur.
  • Anda juga dapat mencampur satu sendok makan jus lemon dengan satu sendok teh bubuk kayu manis dan mengoleskanya pada jerawat semalaman.
  • Di pagi hari, bilas kulit wajah dengan air hangat. Namun penambahan bubuk kayu manis, tidak cocok untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

5. Menghilangkan Jerawat dengan Madu

mengobati Jerawat Dengan madu

Madu merupakan sumber antibiotik alami yang dapat mempercepat proses penyembuhan, serta membantu mencegah infeksi. Cara menggunakanya:

  • Celupkan kapas bersih kedalam madu, tambahkan air lemon atau bubuk kayu manis, lalu mengoleskanya langsung pada daerah yang terkena dan biarkan selama setengah jam.
  • Bilas kulit dengan air hangat kuku.
  • Lakukan ini beberapa kali sehari.

6. Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

mengobati Jerawat Dengan lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu obat tradisional yang sejak lama digunakan untuk mengatasi jerawat. Lidah buaya juga sudah dikenal untuk mengobati luka bakar, sunburns, menyembuhkan luka lecet ringan. Tanaman ini mengandung anti-bakteri, anti-inflamasi, astringent dan merangsang pertumbuhan sel yang memberikan bantuan cepat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menenangkan kulit Anda dari iritasi, peradangan, dan racun berbahaya yang menangkal jerawat Anda semakin merajalela. Cara menggunakanya:

  • Untuk mengobati jerawat dan bekas luka, bilas wajah Anda dengan pembersih yang lembut dan mengoleskan gel lidah buaya tersebut pada jerawat Anda
  • Anda juga dapat menggunakan gel lidah buaya ini sebagai masker wajah, dengan menambahkan beberapa tetes jus lemon. Aduk hingga berbentuk seperti krim wajah.

7. Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

mengobati Jerawat Dengan bawang putih

Bawang putih merupakan antivirus, antijamur, antiseptik dan antioksidan yang dapat membantu dalam pengobatan jerawat. Sulfur dalam bawang putih juga menawarkan penyembuhan yang cepat terhadap jerawat. Cara pengunaannya:

  • Potong siung bawang putih segar menjadi dua bagian.
  • Gosokkan bawang putih secara perlahan pada jerawat dan biarkan selama lima menit, lalu bilas kulit dengan air hangat. Ulangi perawatan tersebut beberapa kali sehari.

Makan satu siung bawang putih mentah setiap hari juga dapat membantu membersihkan darah kotor yang merupakan salah satu penyebab jerawat. Tapi jangan makan terlalu banyak bawang putih mentah karena dapat mengganggu pencernaan.


8. Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran: Mentimun

mengobati Jerawat Dengan mentimun

Mentimun adalah sumber yang kaya potassium dan vitamin seperti vitamin A, C dan E. Mentimun juga memiliki pendingin dan efek menenangkan pada kulit. Caranya:

  • Potong satu atau dua mentimun segar dan rendam dalam air selama sekitar satu jam. Nutrisi, seperti vitamin A, kalium dan klorofil akan mentransfer ke air.
  • Saring airnya dan minum, atau menggunakan airnya untuk mencuci muka.

Anda juga dapat membuat masker wajah dengan menggiling halus satu mentimun. Oleskan masker mentimun pada wajah Anda dan biarkan kering selama 15 menit. Cuci kulit Anda dengan air hangat. Ini akan membantu membersihkan kotoran dan bakteri dari pori-pori Anda.


9. Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Pohon Teh

mengobati Jerawat Dengan minyak pohon teh

Minyak pohon teh sangat baik untuk mengobati jerawat. Ia memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan bakteri yang menyebabkan masalah kulit tersebut. sifat menenangkan membantu mengurangi kemerahan dan peradangan jerawat. Hal ini juga membantu mengeringkan komedo dan bercak putih di kulit. Caranya:

  • Celupkan secuil kapas ke dalam Minyak Pohon Teh dan oleskan pada daerah yang terkena. Bilas wajah Anda setelah 15 sampai 20 menit.
  • Pilihan lain adalah dengan mencampur beberapa tetes minyak pohon teh ini dengan 1 sendok makan jeli lidah buaya. Oleskan pada jerawat dan noda, biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas.

Catatan: Hindari minyak pohon teh jika Anda memiliki kulit sensitif.


10. Menghilangkan Jerawat dengan Buah-buahan: Pepaya

mengobati Jerawat Dengan pepaya

Buah pepaya memiliki sejumlah zat yang membantu dalam pengobatan jerawat. Ini adalah sumber yang baik dari vitamin A antioksidan, dan memiliki enzim yang membantu mengurangi peradangan dan membuat kulit Anda lembut dan halus. Caranya:

  • Haluskan atau jus potongan pepaya mentah, lalu menempelkanya di atas jerawat. Biarkan antara 10 sampai 15 menit sebelum membilasnya.
  • Untuk membuat pengelupasan masker wajah, campurkan jus pepaya dan tambahkan sedikit madu. Oleskan pada wajah Anda dan pijat dengan lembut. Biarkan sampai kering sepenuhnya dan kemudian bilas.

11. Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran: Kentang

mengobati Jerawat Dengan kentang

Zat asam banyak ditemukan dalam kentang yang baik untuk mengobati jerawat segera. Kentang sangat baik untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Kentang juga baik untuk menghilangkan bekas luka jerawat setelahnya. pori-pori Anda juga akan mengecil, yang akan membuat kotoran dan minyak sulit untuk masuk ke dalam kulit Anda. Cara penggunaannya:

  • Kupas kentang terlebih dahulu lalu cuci sampai bersih. Iris tipis kentang, lalu letakan pada bagian jerawat, biarkan selama minimal 15 menit sebelum melepaskanya. Cuci kulit Anda dengan sabun antibakteri dan keringkan dengan lap bersih.
  • Cara berikutnya bisa dengan cara dihaluskan atau diparut lalu menempelkanya pada jerawat atau bekas jerawat selama 20 s/d 30 menit sampai mengering, lalu bilas dengan sabun antibakteri dan keringkan dengan lap bersih.
  • Ulangi proses tersebut dua kali sehari selama beberapa hari.

12. Menghilangkan Jerawat dengan Pil KB

Pil KB semestinya adalah sebuah obat yang diperuntukan untuk menunda kehamilan. Namun beberapa merek pil KB di klaim bisa digunakan untuk mengobati masalah jerawat yang memiliki kandungan tertentu didalamnya.

Berikut ini adalah beberapa merek Pil KB yang memiliki komposisi kandungan didalamnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat:


Mengobati Jerawat dengan Pil KB Yasmin

pil kb yasmin

Pil KB Yasmin menggunakan hormon progestin dan estrogen berupa drospirenone 3 mg dan ethinyl estradiol 0.03 mg.

Pil KB Yasmin tidak hanya untuk mencegah kehamilan, melainkan juga merupakan merek pil KB yang bisa melancarkan haid.

Pil KB dengan kandungan drospirenone dan ethinyl estradiol tersebut juga dapat mengatasi jerawat pada wanita yang berusia 14 tahun ke atas.

Bahkan, keunggulan lainnya adalah mengurangi darah berlebihan dan nyeri saat haid hingga menurunkan risiko kista pada ovarium.


Mengobati Jerawat dengan Pil KB Yaz

pil kb yaz

Pil KB Yaz dan Yasmin memang terdengar serupa. Tak dapat dipungkiri, keduanya pun sama-sama mengandung drospirenone 3 mg dan ethinyl estradiol 0.03 mg.

Namun selain menjadi kontrasepsi, pil Yaz juga mampu bekerja menangani premenstrual dysphoric disorder (PMDD) atau sindrom pramenstrual yang parah dan tak tertahankan serta jerawat parah.


Mengobati Jerawat dengan Pil KB Diane

pil kb diane

Pil KB Diane adalah obat kontrasepsi yang menggabungkan hormon progestin dan estrogen, yaitu cyproterone dan ethinyl estradiol.

Selain mencegah kehamilan, manfaat pil KB Diane juga berguna untuk mengurangi jerawat, radang kulit berupa sisik (seborrhea), dan rambut tumbuh berlebih pada wajah (hirsutisme).

Namun, pil KB Diane hanya digunakan untuk mengatasi jerawat bila pengobatan jerawat lainnya tidak bekerja.


Mengobati Jerawat dengan Pil KB Neynna

pil kb neynna

Selain mencegah kehamilan, rupanya pil KB kombinasi yang satu ini bisa menghambat kadar androgen berlebih pada wanita.

Sebab, pil KB Neynna menggunakan estrogen berupa ethinyl estradiol dan progestin yang sekaligus bekerja sebagai antiandrogen, yaitu cyproterone acetate.

Efek hormon androgen berlebih adalah wajah berjerawat dan pertumbuhan rambut berlebih. Jadi, obat kontrasepsi ini mampu mengurangi jerawat setelah penggunaan sebanyak 3-4 kali siklus.


Mengobati Jerawat dengan Pil KB Elsza

pil kb elzsa

Pil KB ini mengandung kombinasi cyproterone acetate (hormon progesteron) dan ethinylestradiol (hormon estrogen).

Selain mencegah kehamilan, klaim manfaat pil KB Elsza lainnya disebut dapat menjaga kestabilan hormon dalam tubuh, membuat siklus haid teratur, mengurangi nyeri menstruasi, hingga sebagai pengobatan jerawat.

Adapun cara menggunakannya yaitu yaitu:
  • Hancurkan 1 butir pil KB sampai seperti tepung.
  • Tambahkan sedikit air atau lebih bagus ditambah sedikit madu, lalu aduk hingga berbentuk krim.
  • Tempelkan pada jerawat Anda selama setengah jam sampai terasa mengeras dan mengering.
  • Setelah benar-benar mengering, bersihkan dengan cara diusap secara lembut dengan kapas atau kain bersih.

sumber www.sehatq.com

Demikian cara cepat untuk mengatasi jerawat dari bahan-bahan alami dan mudah didapat disekitar Anda yang populer karena banyak digunakan oleh orang-orang diseluruh dunia sebagai obat alternatif yang mudah dan murah, namun sudah terbukti aman dan ampuh.


Next Post Previous Post