tutorial softperfect bandwidth manager

Kali ini saya akan menunjukkan tutorial bagaimana cara mensetting Softperfect Bandwidth Manager melalui port tertentu, dengan kata lain, kita akan menentukan, pada port mana saja software pengatur bandwidth ini akan berjalan. Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa ada beberapa port yang tidak seharusnya dibatasi oleh software ini, seperti port yang digunakan untuk sharing printer, windows sharing, remote desktop dan semua port yang hanya digunakan untuk lalu-lintas jaringan lokal saja.

Untuk mempermudah saya sudah membuat contoh rules yang bisa anda download. Dalam file rules ini saya sudah memasukan puluhan port yang sering digunakan oleh lalu-lintas internet yang haus bandwidth, seperti port untuk video sharing, file sharing P2P, download dan streaming. Untuk rules nya bisa anda download DISINI.

Saatnya menggunakan rules.xml ke software Softperfect Bandwidth Manager.

  • Klik file lalu import_rules, arahkan ke file rules.xml yang di download tadi, klik open.

  • Seperti inilah tampilahnya, contoh rules hasil settingan saya untuk membatasi download dan upload.

  • Anda bisa memperbayaknya dengan cara klik kanan rule copy dan paste pada bidang kosong, lalu anda tinggal mengganti nama rule dengan nama yang berbeda, menyesuaikan IP addressnya, lalu untuk interfacenya adalah Network Adapter yang terhubung ke Switch Hub.
Cara Setting Softperfect Bandwidth Manager

  • Kalau anda ingin mensetting manual pada bagian portnya, lakukan di tab "source" untuk membatasi download. dan untuk membatasi upload, lakukan pada tab "destination", intinya semua settingan untuk download apabila dibalik maka menjadi settingan upload.

  • Pastikan juga Network Adapter server yang terhubung ke Switch Hub tersebut, IP nya sudah benar, seperti contoh gambar dibawah. Anda bisa merename Network Adapter ini, menjadi "Client" agar mudah dibedakan.

  • Untuk Settingan di komputer client, Anda harus mensetting manual IP di tiap-tiap komputer client agar tidak berubah-ubah. Contoh: (com1="192.168.0.11"), (com2="192.168.0.12"), dan seterusnya.

Pada rules yang saya buat tersebut, saya memberi bandwidh sebesar 70000 Bytes atau setara 58,6 kbps. Pada angka sebesar ini, video youtube masih bisa dimainkan tanpa buffering pada kualitas 360P.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama