SoftPerfect Bandwidth Manager adalah software yang berguna untuk membagi atau membatasi bandwidth yang disetting kepada tiap-tiap client atau pengguna di warnet, kantor, atau lab sekolah, agar supaya pemakaian bandwidth menjadi adil untuk semua pengguna. Software ini juga dilengkapi kontrol kepada user tentang seberapa besar pemakaian bandwidth per hari yang di izinkan, serta masih banyak lagi fitur-fitur lainya untuk kebutuhan pengontrol jaringan.

Untuk software Softperfect Bandwidth Manager full version, Anda bisa cari di websitenya Kuyhaa atau GigaPurbalingga ya.

Setelah selesai menginstal dan menjadikanya full version, silahkan merestart dahulu komputernya, lalu buka program softperfect bandwidth manager dan langsung klik "ok" saja ketika diminta login, tidak perlu mengisi hostname dan localhost password.

Adapun untuk cara setting Softperfect Bandwidth Manager saya akan tunjukan dua cara. Cara pertama adalah cara yang simpel, dimana lalu-lintas yang masuk maupun keluar disamakan dan tanpa ada pengaturan port.

Klik kanan pada bidang kosong, lalu add rule, berikan angka 60000 atau setara 58,6kbps pada Transfer Rate Limit. Untuk Rule on Interface adalah Network Adapter yang terhubung ke Switch Hub. Selanjutnya anda bisa melihat contoh gambar dibawah ini.


Contoh pada tab Source.

tutorial softperfect bandwidth manager

Pada tab Destinations Anda harus memasukan IP (192.168.0.11) sebagai IP computer nomor 1, (192.168.0.12) adalah contoh IP computer nomor 2, dan seterusnya.

setting softperfect bandwidth manager

IP Address pada Network Adapter yang terhubung ke Switch Hub. Biasanya ini akan tersetting secara otomatis ketika anda menshare Network Adapter modem.


Dan ini contoh IP address pada komputer client nomor 1.


Konfigurasi yang saya tunjukan diatas adalah settingan standar, dimana lalu-lintas yang masuk maupun keluar disamakan dan tanpa ada pengaturan port. Pada settingan seperti ini maka sharing data lokal dan sharing printer akan ikut dibatasi oleh software ini, sehingga ketika anda sedang mengambil data dari client atau melakukan printing akan terasa lambat. untuk mengatasinya Anda harus mendisable sejenak rule nya ketika tengah melakukan hal-hal tersebut.

Namun bila Anda tidak mau ribet, Anda harus mensetting Softperfect Bandwidth Manager melalui beberapa port internet, tanpa menyertakan port yang hanya digunakan untuk jaringan lokal saja seperti port untuk Print dan Share data/dokument, yang saya bagikan pada artikel terpisah dalam blog ini yaitu Tutorial Cara Setting Softperfect Bandwidth Manager menggunakan Port.

Lebih baru Lebih lama