contoh penelitian kualitatif word pdf

Makalah Contoh Penelitian Kualitatif, Pengertian Metode Penelitian Kualitatif, Manfaat Penerapan Penelitian Kualitatif, Ciri-ciri Penelitian Kualitatif, Kelebihan dan Kekurangan Penelitian Kualitatif dan kesimpulan. File dalam format docx Microsoft word dan PDF.




PENELITIAN KUALITATIF


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bertujuan memahami realitas sosial, yaitu melihat dunia apa adanya. Penelitian kualitatif dilakukan pada kondisi alamiah dan bersifat penemuan. Oleh karena itu, penelitian harus memiliki bekal teori dan wawasan yang luas jadi bisa bertanya, menganalisa, dan mengkonstruksi obyek yang diteliti menjadi lebih jelas. Tujuan dari metodologi ini ialah pemahaman secara lebih mendalam terhadap suatu permasalahan yang dikaji. Dan data yang dikumpulkan lebih banyak kata ataupun gambar-gambar daripada angka.


1.2 Rumusan Masalah

  • Pengertian Metode Penelitian Kualitatif
  • Manfaat Penerapan Penelitian Kualitatif
  • Ciri-ciri Penelitian Kualitatif
  • Langkah-langkah penelitian kualitatif
  • Kelebihan dan kekurangan penelitian kualitatif

1.3 Tujuan

Menggambarkan, mempelajari, dan menjelaskan fenomena yang terjadi. Pemahaman fenomena ini dapat diperoleh dengan cara mendeskripsikan atau mengeksplorasikannya dalam sebuah narasi. Dengan cara tersebut, peneliti harus dapat memperlihatkan hubungan peristiwa dan makna peristiwa.


1.4 Manfaat

Penyusunan makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara teoritis, dan dapat memberi manfaat sebagai:

  1. Salah satu kajian yang memperkaya referensi tentang metode penelitian di pakai dalam melakukan sebuah penelitian terutama penelitian kualitatif.
  2. Memberikan alternatif data untuk kajian lanjutan.


BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Metode Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan yang disebut pendekatan investigasi karena biasanya peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian (McMillan & Schumacher, 2003). Dalam penelitian kualitatif, peneliti dilibatkan dalam situasi, fenomena yang sedang dipelajari. Di lapangan, peneliti berupaya menginterpretasikan fakta yang relevan yang menyeluruh. Tujuan pokoknya adalah menggambarkan, mempelajari, dan menjelaskan fenomena itu.


2.2 Manfaat Penerapan Penelitian Kualitatif

Manfaat penelitian kualitatif dalam dunia pendidikan diantaranya:

  1. Memperbaiki atau mengembangkan pola hubungan praktisi pendidikan (guru, spesialis pengajaran) dengan melakukan kontak langsung agar menjadi lebih efektif.
  2. Menjadi bagian dari upaya pendidikan dan peningkatan kualitas guru atau calon guru.
  3. Mempelancar seorang peneliti menjadi pengamat yang lebih tajam terhadap keseluruhan lingkungan sekolah.
  4. Membantu mengembangkan proses belajar mengajar sehingga guru dapat melakukan upaya dengan lebih sadar.
  5. Memasukkan kegiatan penelitian dengan pendekatan kualitatif pada kurikulum sekolah, sehingga para siswa dapat ikut serta melakukan wawancara dan studi observasi. Siswa terlibat dalam kegiatan yang sesungguhnya.

2.3 Ciri-ciri Penelitian Kualitatif

Adapun ciri pokok metode penelitian kualitatif ada lima, yaitu antara lain:

  1. Menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data

    Sumber data yang digunakan dalam penelitian kualitatif berupa lingkungan alamiah. Kajian utama dalam penelitian kualitatif yaitu peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kondisi dan situasi sosial. Penelitian dilakukan ketika berinteraksi langsung di tempat kejadian. Peneliti melakukan pengamatan, mencatat, mencari tahu, menggali sumber yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi pada saat itu. Hasil yang diperoleh segera disusun saat itu juga. Apa yang telah diamati pada dasarnya tidak lepas dari konteks lingkungan dimana tingkahlaku itu berlangsung.

  2. Memiliki sifat deskriptif analitik

    Data yang diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, dokumentasi, analisis, catatan lapangan, disusun peneliti di lokasi penelitian, bukan dalam bentuk angka-angka. Peneliti melakukan analisis data dengan memperbanyak informasi, mencari hubungannya, membandingkan, dan menemukan hasil atas dasar data sebenarnya (bukan dalam bentuk angka). Hasil analisis data berupa pemaparan yang berkenaan dengan situasi yang diteliti dan disajikan dalam bentuk uraian narasi. Pemaparan data tersebut umumnya adalah menjawab dari pertanyaan dalam rumusan masalah yang ditetapkan.

  3. Tekanan pada proses bukan hasil

    Data dan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian kualitatif berkaitan dengan pertanyaan untuk mengungkapkan proses dan bukan hasil dari suatu kegiatan. Pertanyaan menuntut gambaran keadaan sebenarnya tentang kegiatan, tahap-tahap, prosedur, alasan-alasan dan interaksi yang terjadi dimana dan pada saat dimana proses itu berlangsung.

  4. Bersifat induktif

    Penelitian kualitatif diawali mulai dari lapangan yaitu fakta empiris. Peneliti terjun langsung ke lapangan, mempelajari suatu proses penemuan yang terjadi secara alami dengan mencatat, menganalisis dan melaporkan serta menarik kesimpulan dari proses berlangsungnya penelitian tersebut. Hasil temuan penelitian dari lapangan dalam bentuk konsep, prinsip, teori dikembangkan bukan dari teori yang telah ada. Penelitian kualitatif menggunakan proses induktif artinya dari data yang terpisah-pisah namun saling berkaitan erat.

  5. Mengutamakan makna

    Makna yang diungkapkan berkisar pada persepsi orang mengenai suatu peristiwa yang akan diteliti tersebut. Contoh: penelitian yang dilakukan tentang peran kepala sekolah dalam pembinaan guru. Peneliti memfokuskan perhatian pada pendapat kepala sekolah tentang guru yang dibinanya, mencari informasi dan pandangan kepala sekolah tentang keberhasilan dan kegagalannya membina guru, apa saja yang dialami dalam membina guru, mengapa gurunya gagal dibina, dan kenapa hal itu terjadi. Selain mencari informasi kepada kepala sekolah, peneliti mencari informasi dari guru sebagai bahan perbandingan supaya dapat diperoleh pandangan mengenai mutu pembinaan yang dilakukan kepala sekolah. Ketepatan informasi dari partisipan diungkap oleh peneliti agar dapat menginterpretasikan hasil penelitian secara tepat.

    Dalam dunia pendidikan, penelitian kualitatif bertujuan untuk menggambarkan suatu proses kegiatan pendidikan yang didasarkan pada apa yang terjadi di lapangan sebagai bahan kajian untuk menemukan kelemahan dan kekurangannya sehingga dapat ditentukan upaya perbaikannya ;menganalisis suatu fakta, gejala dan peristiwa pendidikan yang terjadi di lapangan; menyusun hipotesis yang berkenaan dengan prinsip dan konsep pendidikan didasarkan pada data dan informasi yang terjadi di lapangan.


2.4 Langkah-langkah penelitian kualitatif terbagi menjadi tiga tahap yakni:

A. PERSIAPAN
  1. 1. Menyusun rancangan penelitian

    Penelitian yang akan dilakukan berangkat dari permasalahan dalam lingkup peristiwa yang sedang terus berlangsung dan bisa diamati serta diverifikasi secara nyata pada saat berlangsungnya penelitian. Peristiwa-peristiwa yang diamati dalam konteks kegiatan orang-orang/organisasi.

  2. Memilih lokasi Penelitian

    Sesuai dengan permasalahan yang diangkat dalam penelitian, maka dipilih lokasi penelitian yang digunakan sebagai sumber data.

  3. Mengurus perizinan

    Mengurus berbagai hal yang diperlukan untuk kelancaran kegiatan penelitian.

  4. Menjajagi dan melihat keadaan

    Proses penjajagan lapangan dan sosialisasi diri dengan keadaan, karena kitalah yang menjadi alat utamanya maka kitalah yang akan menetukan apakah lapangan merasa terganggu atau tidak.

  5. Memilih dan memanfaatkan informan

    Ketika kita menjajagi dan mensosialisasikan diri di lapangan, ada hal penting lainnya yang perlu kita lakukan yaitu menentukan narasumber.

  6. Menyiapkan instrumen penelitian

    Dalam penelitian kualitatif, peneliti adalah ujung tombak sebagai pengumpul data (instrumen). Peneliti terjun secara langsung ke lapangan untuk mengumpulkan sejumlah informasi yang dibutuhkan. Dalam rangka kepentingan pengumpulan data, teknik yang digunakan dapat berupa kegiatan observasi, wawancara dan studi dokumentasi.

B. LAPANGAN
  1. Memahami dan memasuki lapangan

    Memahami latar penelitian; latar terbuka; dimana secara terbuka orang berinteraksi sehingga peneliti hanya mengamati, latar tertutup dimana peneliti berinteraksi secara langsung dengan orang.Penampilan, Menyesuaikan penampilan dengan kebiasaan, adat, tata cara, dan budaya latar penelitian. Pengenalan hubungan peneliti di lapangan, berindak netral dengan peran serta dalam kegiatan dan hubungan akrab dengan subjek. Jumlah waktu studi, pembatasan waktu melalui keterpenuhan informasi yang dibutuhkan.

  2. Aktif dalam kegiatan (pengumpulan data)

    Peneliti merupakan instrumen utama dalam pengumpulan data, jadi peneliti harus berperanaktif dalam pengumpulan sumber.

C. PENGOLAHAN DATA
  1. Analisis Data

    Melakukan analisis terhadap data yang telah didapatkan, peneliti dalam hal ini bisa melakukan interpretasi dari data yang didapatkan dilapangan.

  2. Mengambil Kesimpulan dan Verifikasi

    Dari kegiatan-kegiatan sebelumnya, langkah selanjutnya adalah menyimpulkan dan melakukan verifikasi atau kritik sumber apakah data tersebut valid atau tidak.

  3. Narasi Hasil Analisis

    Langkah terakhir adalah pelaporan hasil penelitian dalam bentuk tulisan dan biasanya pendekatan kualitatif lebih cenderung menggunakan metode deskriptif-analitis.


2.5 Kelebihan dan Kekurangan Penelitian Kualitatif

Kelebihan Penelitian Kualitatif Kekurangan Penelitian Kualitatif
Deskripsi dan interpretasi dari informan dapat diteliti secara mendalam. Peneliti bertanggung jawab besar terhadap informasi yang disampaikan oleh informan
Mempunyai landasan teori yang sesuai fakta Bersifat sirkuler
Penelitian lebih berjalan subyektif Perbedaan antara fakta dan kebijakan kurang jelas
Sangat efektif digunakan dalam mencari tanggapan dan pandangan karna bertemu langsung. Ukuran penelitian kecil.
Adanya pemahaman khusus dalam menganalisa Tidak efektif jika ingin meneliti secara keseluruhan atau besar-besaran


BAB III
PENUTUP


3.1 Kesimpulan

Berdasarkan ciri-ciri tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian kualitatif dimulai dari lapangan yang berdasarkan pada lingkungan alami, bukan pada teori. Data dan informasi yang diperoleh dari lapangan ditarik makna dan konsepnya, melalui pemaparan secara deskriptif analitik dan tanpa menggunakan angka, karena lebih mengutamakan prosesnya.


3.2 Saran

Penyusun menyadari bahwa dalam menyusun makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari segi materi maupun penyusunannya, untuk itu penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun guna sempurnanya makalah ini.



--------------00000--------------


Contoh makalah penelitian kualitatif


Penelitian Kualitatif.docx - Penelitian Kualitatif.pdf

Lebih baru Lebih lama