cabang olahraga atletik lari, macam macam cabang olahraga atletik beserta gambarnya, pengertian cabang olahraga atletik, macam macam atletik dan penjelasannya, kumpulan cabang cabang atletik, makalah olahraga atletik, makalah atletik, atletik lari, atletik lompat jauh, atletik lari jarak pendek, lapangan atletik, kumpulan cabang cabang atletik, pengertian atletik

Sejarah Atletik - Atletik adalah event asli dari Olimpiade pertama pada tahun 776 sebelum Masehi di mana satu-satunya event adalah perlombaan lari atau stade. Ada beberapa “Games” yang digelar selama era klasik Eropa: Panhellenik Games The Pythian Game (dimulai 6 SM) digelar di Argolid setiap dua tahun. The Isthmian Game (dimulai 523 SM) digelar di Isthmus dari Corinth setiap dua tahun. The Roman Games Berasal dari akar Yunani murni, Roman game memakai perlombaan lari dan melempar. Bukannya berlomba kereta kuda dan bergulat seperti di Yunani, olahraga Etruscan memakai pertempuran galiatoral, yang juga sama-sama 527 Sebelum Masehi digelar di Delphi tiap empat tahun. The Nemean Games (dimulai 51 memakai panggung). Masyarakat lain menggemari kontes atletik, seperti bangsa Kelt, Teutonik, dan Goth yang juga digemari orang Roma. Tetapi, olahraga ini sering dihubungkan dengan pelatihan tempur. Pada masa abad pertengahan anak seorang bangsawan akan dilatih dalam berlari, bertarung dan bergulat dan tambahan berkuda, memanah dan pelatihan senjata. Kontes antar rival dan sahabat sangat umum di arena resmi maupun tidak resmi.

Pada abad 19 organisasi formal dari event modern dimulai. Ini termasuk dengan olahraga reguler dan latihan di rezim sekolahan. Royal Millitary College di Sandhurst mengklaim menggunakan ini pertamakali pada tahun 1812 dan 1825 tetapi tanpa bukti nyata. Pertemuan yang paling tua diadakan di Shrewsbury, Shropshire di 1840 oleh Royal Shrewsbury School Hunt. Ada detail dari seri pertemuan tersebut yang ditulis 60 tahun kemudian oleh C.T Robinson di mana dia seorang murid disana pada tahun 1838 sampai 1841. Eeck Military Academy di mana Woolwich menyelenggarakan sebuah kompetisi yang diorganisir pada tahun 1849, tetapi seri reguler pertama dari pertemuan digelar di Exeter College, Oxford dari 1850.

Atletik modern biasanya diorganisir sekitar lari 400m di trek di hampir semua even yang ada. Acara lapangan (melompat dan melempar) biasanya memakai tempat di dalam trek. Atletik termasuk di dalam Olimpiade modern pada tahun 1896 dan membentuk dasar-dasarnya kemudian. Wanita pertama kali dibolehkan berpartisipasi di trek dan lapangan dalam event Olimpiade tahun 1928. Sebuah badan pengelola internasional dibentuk, IAAF dibentuk tahun 1912. IAAF menyelenggarakan beberapa kejuaraan dunia outdoor pada tahun 1983. Ada beberapa pertandingan regional seperti kejuaraan Eropa, Pan-American Games dan Commonwealth Games. Sebagai tambahan ada sirkuit Liga Emas professional, diakumulasi dalam IAAF World Athletics Final dan kejuaraan dalam ruangan seperti World Indoor Championship. Olahraga tersebut memiliki profil tinggi selama kejuaraan besar, khususnya Olimpiade, tetapi yang lain kurang populer.

AAU (Amateur Athletic Union) adalah badan pengelola di Amerika Serikat sampai runtuh di bawah tekanan profesionalisme pada akhir tahun 1970. Sebuah badan baru bernama The Athletic Congress (TAC) dibentuk, dan akhirnya dinamai USA Track and Field (USATF atau USA T&F). Sebuah tambahan, organisasi dengan struktural yang lebih kecil, Road Runner Club of America (RRCA) juga ada di USA untuk mempromosikan balap jalanan. Pada masa modern, atlet sekarang bisa menerima uang dari balapan, mengakhiri sebutan “amatirisme” yang ada sebelumnya.

Kumpulah Macam-macam cabang olahraga Atletik beserta gambar dan penjelasannya.



10 MACAM CABANG OLAHRAGA ATLETIK


Atletik merupakan gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang berarti "kontes". Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

Berikut ini adalah 10 contoh Macam-macam cabang Olahraga Atletik, diantaranya adalah:

1. Lari

Olahraga Lari

Lari merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan dan banyak disenangi oleh masyarakat. Walaupun sebagian besar dari mereka menyukai olahraga ini semata-mata untuk menjaga kebugaran serta kesehatan fisik misalnya melakukan olahraga lari diwaktu pagi.
Ada banyak jenis cabang dalam olahraga lari misalnya lari marathon, sprint, lari estafet dan juga jalan cepat serta masih banyak jenis lainnya. Selain kekuatan dan kebugaran fisik untuk bisa memenangkan perlombaan lari diperlukan strategi yang tepat sehingga bisa menjaga ritme kecepatan belari secara baik.

2. Tolak Peluru

Olahraga Tolak Peluru

Tolak peluru adalah olahraga yang dilakukan dengan cara menolak logam berbentuk bundar menyerupai sebuah peluru. Jauhnya tolakan peluru menjadi ukuran untuk menentukan nilai yang didapat, semakin jauh daya tolak lemparan semakin bagus juga nilai yang didapat. Peluru yang dilempar tidak boleh keluar dari lingkaran yang ditentukan, bila peluru jatuh di luar lingkaran maka akan kena diskualifikasi.

3. Memanah

Olahraga Memanah

Kamu tentu sudah tidak asing lagi kan dengan panah? Ya, biasanya di film fantasi banyak tokoh utamanya menggunakan panah sebagai senjatanya. Olahraga memanah berlomba untuk menembakan anak panah ke sebuah papan khusus untuk bidikan panah. Semakin akurat anak panah menancap pada papan sasaran maka akan semakin tinggi nilai yang didapat.

4. Menembak

Olahraga Menembak

Menembak merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang menyenangkan. Dalam olahraga ini kamu akan belajar konsentrasi untuk membidik sasaran tembak dengan tepat. Pada olahraga menembak peluru yang digunakan adalah peluru karet. Poin penilaian dihitung dari akurasi menembak papan tembak dengan tepat.

5. Angkat Besi

Olahraga Angkat Besi

Olahraga angkat besi memerlukan tenaga serta otot yang kuat. Pada olahraga ini kamu diharuskan mengangkat beban dengan berat tertentu sesuai dengan cabang yang diikuti. Dalam perlombaan angkat besi peserta harus mengangkat beban menggunakan satu atau dua tangan dan harus kuat mengangkat beban sampai ke atas kepala. Nilai yang diberikan berdasarkan beban angkatan dan cara mengangkat beban tersebut, apakah langsung terangkat dengan satu gerakan atau dengan jeda.

6. Lompat Tinggi

Olahraga Lompat Tinggi

Cabang atletik yang satu ini memerlukan ketrampilan serta kelenturan tubuh. Olahraga lompat tinggi dilakukan untuk menguji ketrampilan kamu dalam melompat melewati mistar yang melintang  dengan ketinggian tertentu. Mistar tersebut tidak boleh tersentuh oleh tubuh kamu, karena bila tersentuh mistar akan jatuh dan berarti kamu gagal mendapatkan nilai.

7. Lompat Jauh

Olahraga Lompat Jauh

Cabang olahraga atletik yang satu ini mudah untuk dilakukan, kamu cukup melompat sekuat tenaga untuk mendapatkan lompatan terjauh. Para pelompat profesional selalu melatih kaki mereka agar bisa mendapatkan lompatan yang jauh. Biasanya mereka bisa melompat dengan jarak 5 sampai 7 meter.

8. Lempar Lembing

Olahraga Lempar Lembing

Lempar lembing adalah cabang olahraga atletik yang melombakan ketrampilan melempar lembing untuk mencapai jarak tertentu. Untuk mendapatkan lemparan terjauh kamu harus menyeimbangkan antara kecepatan, teknik dan juga kekuatan. Jarak lemparan yang diperoleh dihitung dari tancapan ujung lembing yang dilemparkan.


9. Lompat Indah

Olahraga Lompat Indah

Olahraga ini menggabungkan gaya akrobatik di udara dengan lompatan. Kamu harus melompat dari ketinggian tertentu dan selama masih berada di udara kamu harus melakukan gerakan yang memenuhi nilai keindahan serta estetika tertentu sebelum terjatuh ke dalam air kolam yang berada di bawah papan loncat.

10. Lompat Galah

Olahraga Lompat Galah

Pada dasarnya olahraga lompat galah hampir mirip dengan lompat tinggi yaitu kamu diharuskan untuk melompat melewati mistar melintang dengan ketinggian tertentu. Tetapi pada olahraga kali ini kamu bisa menggunakan alat bantu berupa galah sehingga bisa membuat lompatan lebih tinggi.

---XXXXX---


Contoh makalah kliping 10 macam cabang olahraga atletik file docx Microsof word yang bisa di download dan di edit atau ditambahkan cover sesuai kebutuhan Kamu.

Download


Sumber : Wikipedia.org

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama