Ada kebijakan baru dari google adsense bagi yang mencari pengasilan dari youtube untuk wajib mengirimkan informasi pajak mereka selambat-lambatnya hingga 31 Mei 2021. Seperti yang dikutip dari support.google.com bahwa:

"Google mungkin akan mulai memotong/memungut pajak Amerika Serikat (AS) atas penghasilan yang Anda peroleh dari penonton di AS paling cepat Juni 2021. Semua kreator yang melakukan monetisasi di YouTube, di mana pun lokasi mereka di dunia, wajib menyerahkan informasi pajak. Kirimkan informasi pajak Anda sesegera mungkin. Jika Anda tidak menyerahkan informasi pajak hingga 31 Mei 2021, Google dapat diwajibkan untuk memotong total penghasilan Anda dari seluruh dunia hingga sebesar 24%

Google diwajibkan untuk mengumpulkan informasi pajak dari kreator yang tergabung dalam Program Partner YouTube (YPP). Jika potongan pajak berlaku, Google akan memotong/memungut pajak atas penghasilan YouTube yang diperoleh dari penonton di AS melalui tampilan iklan, YouTube Premium, Super Chat, Super Stickers, dan Langganan Channel.

Alasan Google memotong/memungut pajak AS

Berdasarkan Pasal 3 Hukum Pendapatan Dalam Negeri Amerika Serikat (U.S. Internal Revenue Code), Google bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi pajak, memotong/memungut pajak, dan melapor ke Internal Revenue Service (otoritas pajak AS, disebut juga IRS) apabila kreator YPP di YouTube menghasilkan pendapatan royalti yang diperoleh dari penonton di AS. Jika Anda memperoleh penghasilan dari penonton di AS, Google dapat mulai mengenakan potongan pajak (disebut pajak potong/pungut) paling cepat bulan Juni 2021".


Adapun pemberitahuan resmi dari Google yang dikirimkan via email dan juga pada pesan di halaman AdSense, sebagai berikut:

Penting: Periksa apakah informasi pajak tambahan diperlukan dari Anda. Semua kreator dan partner YouTube wajib mengirimkan informasi pajak untuk memastikan bahwa pajak yang berlaku pada pembayaran Anda telah akurat.

[Penting] Perubahan terhadap pajak penghasilan Anda dari YouTube di masa yang akan datang

Halo,

Kami menghubungi Anda karena Google akan diwajibkan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk memungut pajak Amerika Serikat atas pembayaran kepada kreator di luar Amerika Serikat mulai tahun ini (paling cepat Juni 2021). Selama beberapa minggu ke depan, kami akan meminta Anda untuk mengirim informasi pajak Anda di AdSense untuk menentukan dengan tepat besarnya potongan pajak, jika berlaku. Jika Anda tidak memberikan informasi pajak hingga 31 Mei 2021, Google dapat diwajibkan memotong hingga sebesar 24% dari total penghasilan Anda dari seluruh dunia.

Apa yang harus saya lakukan?
Dalam beberapa minggu ke depan, Anda akan menerima email untuk mengirimkan informasi pajak Anda di AdSense. Fitur pajak online di AdSense terdiri dari enam langkah dan akan terdapat serangkaian pertanyaan untuk memandu Anda menyelesaikan proses tersebut guna menentukan apakah terdapat pajak Amerika Serikat yang berlaku. Untuk mengetahui informasi selengkapnya terkait perubahan ini dan daftar informasi pajak yang harus disiapkan, kunjungilah Pusat Bantuan kami.

Mengapa peraturan ini diberlakukan?
Berdasarkan Chapter 3 dari U.S. Internal Revenue Code, Google bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi pajak dari semua kreator di luar Amerika Serikat yang melakukan monetisasi dan, dalam keadaan tertentu, memungut pajak jika kreator tersebut memperoleh penghasilan dari penonton di Amerika Serikat.

Untuk kreator di luar Amerika Serikat, kami akan mengubah Persyaratan Layanan dalam waktu dekat. Dalam versi baru tersebut, penghasilan Anda dari YouTube akan dianggap sebagai royalti dari perspektif pajak Amerika Serikat. Hal ini dapat memengaruhi perhitungan pajak atas penghasilan Anda dan, sebagaimana diwajibkan oleh hukum yang berlaku di Amerika Serikat, Google yang akan memungut pajak tersebut.

Bagaimana pengaruhnya terhadap penghasilan saya?
Jika Anda mengirimkan informasi pajak Anda, pajak Amerika Serikat hanya dapat diberlakukan terhadap penghasilan Amerika Serikat bulanan Anda dari AdSense (pendapatan yang diperoleh dari penonton di Amerika Serikat melalui tampilan iklan, YouTube Premium, Super Chat, Super Stickers, dan Langganan Channel). Jika Anda tidak mengirimkan informasi pajak Anda, tarif pajak Anda dapat ditetapkan ke tarif potongan pajak yang lebih tinggi untuk perorangan (24% dari total penghasilan AdSense yang diperoleh dari seluruh dunia). Untuk memperkirakan kemungkinan dampaknya terhadap penghasilan Anda, ikuti petunjuk berikut.


Terima kasih,
Tim YouTube



Cara Mengirimkan informasi pajak ke Google

Saya sendiri adalah seorang kreator youtube yang mendapatkan sedikit penghasilan dari youtube setiap bulannya. Dan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya mengirimkan informasi pajak ke google adsense dengan akun perorangan yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Pertama, buka situ google AdSense, lalu login seperti biasa. Klik "Pembayaran", lalu "Kelola Setelan".

Mengirimkan Informasi Pajak ke Google 2


Klik icon pulpen di samping "Info pajak Amerika Serikat".

Mengirimkan Informasi Pajak ke Google 3


Klik "Kelola info pajak".

Mengirimkan Informasi Pajak ke Google 4


Lalu "Tambahkan info pajak".

Mengirimkan Informasi Pajak ke Google 5


Jenis akun, pilih "Perorangan", lalu klik "Lanjutkan".

Mengirimkan Informasi Pajak ke Google 6


Pilih jenis pormulir pajak W-8 untuk "Individu", lalu "Mulai formulir".

Mengirimkan Informasi Pajak ke Google 8


Selanjutnya isi "Nama individu" dan "Negara pengguna". Untuk Nomor Identifikasi Wajib Pajak ternyata bisa dikosongkan, kebetulan saya belum punya NPWP.

Mengirimkan Informasi Pajak ke Google 9


Isi alamat, untuk akun individu, tentunya disesuaikan dengan KTP.

Mengirimkan Informasi Pajak ke Google 10


Perjanjian pajak "Apakah Anda mengklain tarif pemotongan/pemungutan pajak yang lebih rendah berdasarkan perjanjian pajak?", untuk pertanyaan tersebut saya pilih "Tidak".

Mengirimkan Informasi Pajak ke Google 11


Anda bisa melihat pratinjau dokumen pajak Anda, dalam bentuk PDF dengan klik "formulir W-8BEN: Default".

Mengirimkan Informasi Pajak ke Google 12


Apabila data-data dokumen pajak Anda sudah benar, Anda diminta untuk menandatanganinya dengan mengisi nama lengkap Anda.

Mengirimkan Informasi Pajak ke Google 13


Satu lagi pertanyaan terakhir sebelum aplikasi pajak Anda dikirimkan, "Pernahkan individu atau entitas yang disebutkan di bagian identitas pajak melakukan aktivitas dan layanan apa pun untuk google di AS?", untuk pertanyaan terakhir ini saya pilih "Tidak".

Mengirimkan Informasi Pajak ke Google 14


Setelah semuanya dikirimkan, Anda akan melihat status atau hasil pengajuan dokumen pajak Anda, disetujui atau tidak.

Mengirimkan Informasi Pajak ke Google 14


Demikian pengalaman Saya saat mengirimkan informasi pajak ke Google. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama