Berikut ini adalah, Organ bagian dalam dan luar pada sistem tubuh manusia beserta nama, gambar dan fungsi-nya, yang merupakan organ paling vital untuk keberlangsungan hidup manusia.

Organ Jantung menduduki urutan pertama, karena organ ini adalah organ utama dalam tubuh manusia yang berperan dalam peredaran darah. Di urutan kedua adalah organ Otak dan seterusnya, bisa disimak dalam artikel dibawah ini :




ORGAN TUBUH MANUSIA


Sistem Organ Tubuh Manusia

Organ tubuh adalah sekelompok jaringan mandiri yang melakukan fungsi tertentu dalam tubuh. Organ tubuh dikelompokkan ke dalam sistem organ tubuh berdasarkan fungsi yang mereka lakukan.

Manusia memiliki 11 kelompok sistem organ tubuh yang berbeda, diantaranya adalah :

  1. Sistem pelindung “Integumentary” (kulit, rambut/bulu, kuku)
  2. Sistem kerangka “Skeletal” (tulang)
  3. Sistem otot “Muscular” (otot polos, otot jantung, dan otot rangka)
  4. Sistem peredaran darah “Circulatory” (jantung, pembuluh nadi, pembuluh darah)
  5. Sistem pernafasan “Respiratory” (paru-paru, diafragma, laring)
  6. Sistem pencernaan “Digestive” (lambung, usus, hati)
  7. Sistem perkemihan “ Urinary” (ginjal, ureter, kandung kemih)
  8. Sistem imun “Immune” (kelenjar getah bening, sumsum tulang, kelenjar timus)
  9. Sistem saraf “Nervous” (otak, sumsum tulang belakang, urat saraf)
  10. Sistem endokrin “Endocrine” (kelenjar pituitari, tiroid, kelenjar adrenal)
  11. Sistem reproduksi “Reproductive” (penis, vagina, kelenjar prostat, rahim)


8 Organ Vital dalam Tubuh Manusia

  1. Jantung
  2. Otak
  3. Ginjal
  4. Hati
  5. Paru-paru
  6. 5 Organ tubuh diatas merupakan 5 organ teratas yang dianggap paling vital untuk kelangsungan hidup manusia.

    Jika salah satu dari 5 organ vital berhenti berfungsi, kematian organisme sudah dekat tanpa intervensi medis.

  7. Usus
  8. Lambung
  9. Kandung kemih
  10. Bila Anda hendak menyusun 10 teratas untuk organ penting dari tubuh manusia, Anda bisa menggenapinya dengan menambahkan salah satu organ tubuh bagian dalam lainya, yang disebutkan dibawah ini:

  • Pankreas
  • Limpa
  • Tiroid
  • Kulit


3 Contoh gambar 10 Organ Tubuh Manusia


1. 10 Organ Tubuh Manusia (Versi-A)

gambar 10 organ tubuh manusia

2. 10 Organ Tubuh Manusia (Versi-B)

gambar organ tubuh manusia

3. 10 Organ Tubuh Manusia (Versi-C)

10 organ tubuh manusia


Contoh gambar 12 Organ Tubuh Manusia

12 organ tubuh manusia


12 Organ Vital Tubuh Manusia


Dalam biologi, organ (dari bahasa Latin "organum" yang berarti instrumen atau alat) adalah kumpulan jaringan yang secara struktural membentuk unit fungsional khusus untuk melakukan fungsi tertentu dalam tubuh. Tubuh manusia, terdiri dari sel-sel hidup dan ekstra-sel dan diatur ke dalam jaringan, organ, dan sistem.

Untuk bertahan hidup dan bereproduksi, tubuh manusia bergantung pada organ tubuh internal utama untuk melakukan fungsi vital tertentu. Ketika dua atau lebih organ bersama dengan struktur terkaitnya bekerja bersama, mereka menjadi bagian komponen dari sistem tubuh.

Beberapa organ internal yang mudah dikenali dan fungsi yang dijalankannya adalah :


1. Jantung

organ jantung heart png Jantung yang terletak di tengah-tengah dada adalah organ utama dari sistem peredaran darah. Fungsi jantung adalah memompa darah melalui pembuluh darah dengan kontraksi ber-irama yang berulang, bertujuan untuk menjaga darah agar tetap mengalir ke seluruh tubuh. Darah membawa zat ke sel yang mereka butuhkan dan juga membawa zat yang tidak dibutuhkan dari sel.

2. Otak

organ otak brain Otak adalah pusat kendali sistem saraf yang terletak di dalam tengkorak kepala. Fungsinya meliputi kontrol dan koordinasi otot, penerimaan dan integrasi sensorik, produksi ucapan, penyimpanan memori, dan elaborasi pikiran dan emosi.

3. Ginjal

organ ginjal kindeys Ginjal adalah sepasang organ berbentuk kacang yang terletak di bagian belakang perut di kedua sisi perut. Fungsi ginjal adalah membersihkan darah dari racun dan mengubah limbah menjadi urin. Setiap ginjal memiliki berat sekitar 160 gram. Kedua ginjal bersama-sama menyaring 200 liter cairan setiap 24 jam. ke darah.

4. Hati

organ hati liver Hati terletak di sisi kanan badan. Organ hati memiliki banyak fungsi, termasuk menyaring darah, mengeluarkan empedu untuk memecah lemak yang dibutuhkan pencernaan, mengubah amonia menjadi urea, menyaring zat berbahaya dan mempertahankan tingkat glukosa yang tepat dalam darah.

5. Paru-Paru

organ paru-paru lungs Paru-paru terletak di kedua sisi dada bagian atas. Paru-paru adalah dua struktur berbentuk kerucut seperti spons yang memenuhi sebagian besar rongga dada. Fungsi penting paru-paru adalah untuk menyediakan oksigen dari udara yang dihirup ke aliran darah dan untuk menghembuskan karbon dioksida.

6. Usus

organ usus intestines Usus terletak di antara lambung dan anus dan dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu: usus kecil dan usus besar. Fungsi usus kecil atau usus halus adalah untuk menyerap sebagian besar makanan yang dicerna. Dan usus besar bertanggung jawab untuk penyerapan air dan ekskresi bahan limbah/tinja padat.

7. Lambung

organ lambung stomach Lambung adalah kantong berotot, elastis, berbentuk buah pir, terletak melintang di perut bagian atas di sisi kiri badan. Bagian atas lambung terhubung ke katup yang disebut "sfingter esofagus" (otot di ujung kerongkongan). Tujuan utama lambung adalah mencerna makanan melalui produksi cairan lambung yang memecah, mencampur dan mengaduk makanan menjadi lebih halus.

8. Kandung kemih

organ kandung kemih bladder Kandung kemih adalah organ berongga berbentuk segitiga yang terletak di perut bagian bawah. Fungsi kandung kemih adalah menampung cairan urin yang dikirim dari ginjal dan akan disimpan sementara hingga siap dikeluarkan saat buang air kecil. Kandung kemih dapat menampung urine sebanyak 400 - 600 ml.

9. Pankreas

organ pankreas pancreas Pankreas adalah organ memanjang dan meruncing yang terletak di bagian belakang ujung lambung. Pankreas berfungsi sebagai kelenjar campuran atau heterokrin, yaitu memiliki fungsi endokrin 1% dan eksokrin 99%: Fungsi eksokrin, yaitu menghasilkan zat (enzim) yang membantu pencernaan. Fungsi endokrin, yaitu mengirimkan hormon yang mengontrol jumlah gula dalam aliran darah.

10. Limpa

organ limpa spleen Limpa terletak di sisi kiri atas lambung. Meskipun manusia bisa hidup tanpa limpa, namun fungsi limpa sangatlah penting untuk sistem kekebalan tubuh: Limpa melawan kuman yang menyerang dalam darah (mengandung sel darah putih yang melawan infeksi), mengontrol tingkat sel darah (sel darah putih, sel darah merah dan trombosit), menyaring darah dan menghilangkan sel darah merah tua atau rusak.

11. Tiroid

organ tiroid thyroid larynx Kelenjar tiroid adalah organ berbentuk kupu-kupu yang terletak di bagian depan tenggorokan. Fungsi kelenjar tiroid ialah menghasilkan hormon yang bermanfaat mengatur metabolisme dalam tubuh yang mengendalikan fungsi jantung serta tekanan darah, otot dan pencernaan, perkembangan otak dan pemeliharaan tulang.

12. Kulit

organ kulit skin Kulit adalah organ terbesar dari tubuh. Kulit dan turunannya (rambut, kuku, keringat, dan kelenjar minyak) membentuk sistem integumen. Salah satu fungsi utama kulit adalah perlindungan. Ini melindungi tubuh dari faktor eksternal seperti melindungi dari bakteri, bahan kimia, mengatur suhu tubuh dan memungkinkan sensasi sentuhan (taktil).

Membangun pemahaman kita tentang organ tubuh internal, bagaimana itu saling berkaitan dan mengapa mereka bekerja bersama sebagai sistem organ tubuh adalah proses yang kompleks.

Hal ini berguna untuk mengeksplorasi seperti apa organ-organ dalam tubuh manusia dan di mana mereka berada untuk memahami fungsi spesifik masing-masing dan bagaimana organ-organ itu berkontribusi untuk menjaga tubuh tetap hidup dan sehat.


Daftar Pustaka:
- https://id.wikipedia.org/wiki/Organ_(anatomi)
- https://www.physio-pedia.com/Vital_Organs
- https://www.education.vic.gov.au/school/teachers/teachingresources/discipline/science/continuum/Pages/internalbody.aspx


Makalah 10 Organ Tubuh Manusia bahasa Indonesia

DOWNLOAD: 10 Organ Tubuh Manusia.Docx - 10 Organ Tubuh Manusia.Pdf

Makalah 12 Organ Tubuh Manusia bahasa Indonesia

DOWNLOAD: 12 Organ Tubuh Manusia.Docx - 12 Organ Tubuh Manusia.Pdf

Previous Post Next Post